Sabtu, 12 Januari 2013

TUGAS IAD



TUGAS IAD



Point-point pentingnya:
Paragraf 2
Peminat jurusan Fisika pada universitas di Indonesia sangat kurang dibandingkan jurusan lain. Ini sangat bertolak belakang dengan kondisi di negara maju. Padahal, kontribusi dalam dunia industri dan dukungan terhadap disiplin ilmu lain amat besar.

Paragraf 3
Fisika terdiri atas berbagai cabang disiplin ilmu seperti fisika material, fisika instrument, fisika teori, fisika nuklir, fisika molekuler, fisika atom, fisika optic, fisika kuantum, geofisika, oceanografi, sains atmosfer dan lain-lain.

Paragraf 4
Fisika material mempelajari tentang karakter atau sifat suatu bahan atau benda, sehingga dapat menemukan material baru (new material) yang digunakan untuk membuat alat yang lebih unggul dibandingkan yang telah ada. Fisika instrument mempelajari atau membuat alat ukur yang dapat dimanfaatkan industri dan rumah sakit, kontribusinya dalam memproduksi sesuatu barang sangat besar. Fisika teori mencoba membuat dunia mengerti denagn membuat model kenyataan. Digunakan untuk merasionalisasi, menjelaskan, dan memberikan fenomena fisika.

Paragraf 5
Geofisika atau fisika bumi mempelajari tentang kondisi bawah permukaan bumi. Di bidang ini terdapat beberapa metode untuk mendeteksi atau mencari minyak bumi dan barang tambang yang benilai ekonomis seperti metode seismik refleksi, seismik refraksi, metode magnetik, gravitas, geolistrik, dan metode GPR. Untuk mencari atau mendeteksi reservoir sebagai tempat terperangkapnya minyak bumi, digunakan metode seismik refleksi. Sedangkan mencari air tanah digunakan metode geolistrik. Selain untuk memcari minyak bumi dan barang tambang, bidang geofisika mempelajari gempa dan gunung api. Dengan mengetahui karakter suatu daerah apakah daerah itu rawan gempa atau tidak, kita dapat meminimalisasi  kerugian dan korban jiwa serta melakukan mitigasi bencana secara tepat.

Paragraf 6
Penerapan metode geofisika dalam dunia keteknikan juga sangat sanagat banyak, misalnya mengetahui karakter dari lapisan tanah. Sangat berguna dalam bidang teknik sipil, misalnya untuk membangun jalan raya atau bangunan bertingkat. Dengan demikian, lulusan geofisika dapat bekerja di perusahaan minyak, bidang keteknikan hingga konsultan di perusahaan asuransi dan lain-lain.

Paragraf 7
Sains atmosfer mempelajari tentang cuaca dan iklim. Dengan mempelajari ilmu ini, dapat diprediksi keadaan cuaca yang digunakan dunia penerbangan. Informasi dari sains atmosfer, juga sangat dibutuhkan dunia pertanian.

Paragraf 8
Oceanografi mempelajari tentang ilmu kelautan. Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang lautnya melebihi luas daratannya. Selain itu, dalam bidang pertahanan keamanan di laut informasi dari sarjana oceanografi sangat dibutuhkan.

Paragraf 9
Fisika atomik, molekul dan optik adalah bidang ilmu yang mempelajari interaksi zat-zat dan cahaya-zat dalam skala atom tunggal atau struktur berisi beberapa atom.

Paragraf 10
Fisika atom dibedakan dari fisika nuklir, meskipun masyarakat memandangnya sama. Fisika atom tidak berhubungan dengan proses intra-nuklir dipelajari dalam fisika nuklir, meskipun sifat dari nukleus merupakan hal penting dalam fisika nuklir(misal, hyperfine structure). Fisika molekuler memfokuskan dalam struktur multi-atom dan interaksi internal dan eksternal mereka dengan benda dan cahaya. Fisika optikal dibedakan dari optik karena condong untuk memfokuskan tidak pada pengontrolan medan cahaya klasik dengan objek makroskopik, tetapi dalam sifat dasar dari medan optik dan interaksi mereka dengan benda dalam alam mikroskopik.

Paragraf 11
Orang awam biasanya menghubungkan  istilah fisika atom dengan tenaga nuklir dan bom nuklir, dikarenakan penggunaan sinonim dari kata atom dan nuklir dalam standar Inggris. Namun, fisikawan membedakan antara fisika atom(berhadapan denagn efek hull elektron dan spin keseluruhan nukleus dan muatan listrik) dan fisika nuklir (berhadapan dengan gaya dalam nukleus atom dan reaksi yang mengubah, menyatukan atau memisahkan mereka). Awal dari fisika atom ditandai dengan penemuan dan penelitian garis spektral. Hal ini menggambarkan garis yang jelas dalam spektrum panas dan cahaya.

Paragraf 12
Penelitian dari garis ini menuju model atom Bohr dan sampai ke pengertian kita sekarang dengan tentang hull elektron atom, seperti dijelaskan model atom orbital yang merupakan dasar dari seluruh pemahaman kimia.

Paragraf 13
Mekanika kuantum adalah cabang dari ilmu fisika. Dasar mekanika kuantum adalah energi itu tidak kontinu, tapi diskrit -- berupa ‘paket’ atau ‘kuanta’. Konsep ini revolusioner -- bertentangan dengan fisika klasik yang berasumsi energi itu tidak berkesinambungan. 

Paragraf 14
Mekanika kuantum sangat berguna untuk menjelaskan yang terjadi di mikroskopik level, misalnya elektron dalam atom. Atom biasanya digambarkan sebagai sebuah sistem di mana elektron (yang bermuatan listrik negatif) beredar seputar nukleus (yang bermutan listrik positif).

Kesimpulan
Ilmu Fisika merupakan disiplin ilmu yang sangat luas dan sangat dibutuhkan dalam membangun negara ini karena dengan mempelajari fisika kita bisa mengetahui dan mengerti bagaimana membangun jembatan, jalan raya, gedung bertingkat, memperkirakan cuaca, memprediksi terjadinya gempa, meneliti dan mencari bahan tambang dan lain-lain yang tujuannya untuk memudahkan manusia itu sendiri. Ternyata dengan mempelajari fisika itu mudah dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar